Selayang Pandang Peziarahan Pengutusan Karya Pelayanan Pendidikan KB-TK Sinar Matahari Kebon Dalem Semarang

PS-KB-TK Sinar Matahari Kebon Dalem yang kini beralamatkan di Jl. Gang Pinggir No. 44 merupakan perkembangan perjalanan penjang dari pengutusan para suster PI. Kota Semarang merupakan komunitas kedua para suster PI di Indonesia setelah memulai karyanya di kota Bandung selama dua tahun. Dengan demikian komunitas Kebon Dalem Semarang ini merupakan komunitas pengutusan pertama di Jawa Tengah yang memulai dengan pelayanan untuk anak-anak Panti Asuhan Bethlehem Kebon Dalem pada tahun 1936.

Setelah para suster PI melakukan pelayanan sosial Panti Asuhan selama dua tahun, merasa terpanggil pula untuk terlibat dalam karya pelayanan pendidikan. Maka pada tahun 1938 Sr. Gregoris PI mulai mendirikan “Frobelschool”, sebagai pilihan karya pelayanan yang lahir dari keyakinan iman untuk menanggapi dan terlihat dalam peningkatan pelayanan pendidikan masyarakat Tionghoa pada khususnya di Kebon Dalem ini dengan jumlah murid 20 anak. Permulaan karya pelayanan pendidikan dimulai dengan semangat yang besar, meskipun hanya dengan menggunakan sarana prasarana yang serba terbatas dan sederhana. Ruangan yang dipakai sebagai kelas untuk proses pembelajaran ini di depan Sakristi Gereja (yang sekarang menjadi wisama karyawan). Frobelschool yang telah dimulai oleh Sr.Gregoris ini, dilanjutkan oleh Sr.Anselme dan Sr.Andre, yang semuanya adalah orang Belanda.

Sehubungan dengan pembangunan Gereja, maka Frobelschool mengalami perpindahan tempat pembelajaran menggunakan gedung Xaverius, bersamaan dengan peristiwa ini terjadi regenerasi kepemimpinan dari Suster Belanda ke suster yang berasal dari Indonesia yaitu Sr. Helena PI. Oleh karena itu nama Frobelschool juga berganti menjadi bahasa Indonesia dan diberi nama Taman Kanak-kanak Sinar Matahari. Perziarahaan tempat pembelajaran TK Matahari masih berlanjut ke kompleks SD Kebon Dalem (yang sekarang laboratoriun Komputer). Kebutuhan bangunan untuk pendidikan SD Kebon Dalem pun berkembang, maka sementara mempersiapkan bangunan khusus untuk TK Sinar Matahri, proses pembelajaran menggunakan sebagian ruangan dari biara Novisiat Kebon Dalem (yang sekarang ruang rekreasi komunitas suster PI).

Setelah selesai pembangunan gedung TK Sinar Matahari di Jl. Gang Pinggir No.44 mulai tanggal 8 Mei 1973 karya pelayanan pendidikan TK Sinar Matahari menetap sampai sekarang. Perkembangan jumlah murid dan harapan masyrakat pun semakin berkembang dan semakin terbuka untuk masyarakat luas yang beraneka ragam latar belakang. Maka pada tahun ajaran 1994-1995 TK Sinar Matahari dilengkapi dengan Kelompok Bermain Kebon Dalem dan Pre School Kebon Dalem yang juga merupakn kesediaan menanggapi kebutuhan para orang tua murid dan masyarakat.

Pengalaman suka-duka, jatuh bangun merupakan bagian dinamika pengalaman pengutusan karya pelayanan pendidikan TK Sinar Matahari, yang dialami oleh para guru dan karyawan di bawah pimpinan dari generasi ke generasi.
1938-1939 : Sr. Gregoris PI
1939-1949 : Sr. Anselme PI
1949-1961 : Sr. Andre PI
1961-1963 : Sr. Helena PI
1963-1970 : Sr. Gabriela PI
1970-1972 : Sr. Imelda PI
1972-1973 : Sr. Angelique PI
1973-1980 : Sr. Antonia PI
1981-1986 : Sr. Veronica PI
1988-1992 : Sr. Beata PI
1993-2004 : Ibu A.M.H. Trisyani (sakit sejak 1 April 2004)
2004-2006 : Ibu Vc.Anik Puji Kasyanni (Pejabat Kepsek)
2006-2008 : Ibu M.Ag.Sulistyani
Dan saat ini jabatan kepala sekolah di lanjutkan oleh Bapak Yohanes Suhermawan S.Sos, S.Pd

Karya penyelenggaraan Tuhan menjadi nyata dalam perjalan pelayanan pendidikan dan proses kepercayaan kepemimpinan dari suster Belanda dan Indonesia serat ibu-ibu dari Indonesia masyrakat setempat. Pelayanan pendidikan PS-KB-TK Sinar Matahari mengusahakan untuk tetap setia pada Visi-Misi YPII maupun Tujuan Pendidikan Nasional serta harapan orang tua seturut tantangan jaman dengan tidak melalaikan perkembangan dan pertumbuhan psikologi anak. Maka kami senantiasa berusahan untuk berbenah diri dari segi kualitas pelayanan maupun kelengkapan sarana prasarana belajar dan bermain anak-anak. Pengalaman ini kami yakini sebagai kesempatan rahmat untuk senantiasa belajar setia dan bertekun mengikuti Tuhan dan jalan salib-Nya, yang menyuburkan kehidupan karya pelayanan pendidkan kami bagi anak-anak yang dipercayakan Tuhan melalui dan bersama masyarakat.

Kami percaya pekerjaan baik yang telah Tuhan mulai ini, Tuhan pula yang akan menyelesaikannya (Filipi 1:6)

 

Penyelenggara-Mu ya Bapa
Membimbing segala-galanya